-->

Cara membuat dan langkah-langkah Pembuatan Tempe Bergizi dari Biji Karet

     
Cara membuat dan langkah-langkah Pembuatan Tempe Bergizi dari Biji Karet 

 biji karet dikenal masyarakat indonesia tidak memiliki kebermanfaatan dalam hal pangan, dikarenakan paradigma yang menganggap bahwa biji karet bisa di manfaatkan salah satunya sebagai olahan biji karet. dengan cara dan langkah-langkah yang tepat kadar HCN yang terkandung dalam biji karet bisa berkurang sehingga bisa dipakai bahan dasar pembuatan biji karet. 
        berikut ini merupakan langkah-langkah dari pembuatan tempe berbahan biji karet yang dikenal di masyarakat memiliki kadar racun. Berdasarkan berbagai literatur pada biji karet memang terdapat senyawa (HCN). Senyawa tersebut merupakan senyawa yang terdapat dalam bahan pangan dan merupakan senyawa yang memiliki sifat mudah menguap dan mudah larut dalam air. Penurunan sianida juga dapat dilakukan dengan cara perendaman, perebusan dan pengukusan (Maryadi, 2005).

tempe dari biji karet yang sangat bergizi
gambar tempe biji karet
Adapun prosedur dalam pembuatan tempe biji karet yaitu :

1. Pemecahan biji karet Pemecahan biji karet untuk diambil bagian dalam yang berwarna putih, pastikan masih dalam kondisi baik ditandai dengan biji karet yang bersih dan masih padat.

2. Penjemuran biji karet Penjemuran dilakukan selama kurang lebih 3 hari di bawah sinar matahari

3. Perendaman biji karet Perendaman biji karet, dapat dilakukan dalam jangka waktu 3- 5 hari, dengan dilakukan pergantian air rendaman secara rutin setiap 12 jam sekali. Hal tersebut dilakukan untuk membantu mengurangi dengan melarutkan kandungan sianida. Pada tahap ini biji karet juga dilakukan pencucian dengan digosok menggunakan tangan. 

4. Pembersihan biji karet Setelah perendaman biji karet selesai dilakukan, selanjutnya biji karet dibersihkan pada air yang mengalir.

5. Perebusan biji karet Perebusan dilakukan selama 1,5 jam. Perebusan merupakan cara yang efektif untuk menghilangkan kadar HCN pada biji karet. 

6. Pemotongan biji karet Pemotongan biji karet dilakukan menjadi beberapa bagian yang kecil agar proses fermentasinya cepat

7. Pengukusan biji karet Biji karet kemudian dilakukan pengukusan untuk memastikan biji karet benar-benar telah matang

8. Peragian biji karet Biji karet yang telah dikukus kemudian ditiriskan dan di anginkan hingga bersuhu normal. Setelah itu dilakukan poeragian pada biji karet dengan membandingkan 2 sendok ragi tempe untuk 1 kg biji karet

9. Pengemasan tempoe biji karet Biji karet yang telah selesai diberi ragi kemudian dilakukan pengemasan. Bahan untuk pengemasan dapat menggunakan plastik atau daun. Setelah tempe dilakukan pengemasan, simpan pada tempat yang kering dan hangat untuk mempercepat proses fermentasi.

itulah cara dan langkah-langkah yang benar dalam pembuatan biji karet berbahan dasar dari biji karet, so semoga bermanfaat dan tentunya bisa dipratekkan untuk pembuatan tempe biji karet yang bergizi dan mempunyai ciri rasa yang khas tentunya. 






LihatTutupKomentar