-->

Cara membasmi mengusir tikus di sawah paling efektif terbukti

Cara membasmi mengusir tikus tanaman padi di sawah paling efektif 



      Hama yang paling kerap menyusahkan para petani di Indonesia salah satunya dikarenakan tikus. Tikus yang merusak tanaman padi sudah membuat para petani bingung tujuh keliling, pasalnya sudah berbagai cara dilakukan oleh para petani, namun hasilnya tetap saja tanaman padi masih dirusak pada malam harinya. Bahkan padi yang baru tanam disiang harinya, malam harinya langsung dirusak oleh tikus-tikus yang ada di sawah. 
Tikus yang merusak tanaman padi di Sawah berukuran mulai dari yang terkecil sampai dengan yang besar, bahkan yang merusak tanaman padi tidak hanya satu atau dua tikus, melainkan puluhan tikus yang merusak tanaman padi. Berikut ini merupakan cara-cara membasmi dan mengusir tikus tanaman padi disawah paling efektif dan efisien, berbagai cara yang dilakukan oleh petani di Indonesia, antara lain sebagai berikut: 

1. Memberikan racun tikus

Racun tikus dirasa cara paling efektif dibeberapa kalangan para petani, pasalnya dengan racun tikus bisa langsung mematikan tikus. Bisa dilihat tikus yang mati dipekarangan sawah salah satunya karena memakan racun tikus. Obat racun tikus juga sudah sangat banyak yang beredar dipasaran dari berbagai jenis dan berbagai harga. 
Cara pengaplikasiannya pun sangat mudah bisa campur dengan beras, ubi jalar atau dengan jagung yang sudah diberi racun tikus, kemudian ditaruh dipinggir-pinggir padiyang dirusak oleh tikus, alhasil pada malamnya tikus akan memilih campuran racun tikus yang sudah diberikan. 

2. Gropyok tikus

Cara ini juga cukup efisien untuk mengendalikan tikus yang merusak tanaman padi. Gropyok tikus dilakukan oleh 5-6 orang yang dilakukan bersama-sama dengan mencari lubang persembuyiaan tikus, kemudian diberi air atau digali menggunakan canggkul yang kemudian bila ada tikus yang keluar dari persembuyiannya langsung dimatikan dengan cara dipukul dari sitikusnya sendiri. 

3. Rendaman daun tembakau 

Rendaman daun tembakau bisa jadi salah satu cara paling efektif yang dilakukan oleh beberapa kalangan petani. Cara pengaplikasian dari daun tembakau direndam selama 3-4 minggu didalam air. Setelah proses perendaman rendaman daun tembakau disemprot ditanaman padi sendiri, cara ini selain mengusir tikus yang merusak, juga bisa mengijaukan tanaman padi itu sendiri, selain itu juga bisa memamtikan serangga-serangga yang dapat merusak padi seperti wereng, klaper dan lain sebagainya,. Dikarenakan baunya yang sangat menyengat hidung untuk proses penyemprotan disarankan menggunakan masker agar tidak menganggu hidung kita sendiri yang melakukan penyemprotan disawah. 

4. Memasang kawat listrik 

Cara ini sangat efektif dan efisien untuk mengendalikan tikus yang dapat merusak dan mengendalikan hama tikus yang merusak padi. Pasalnya dengan kawat listrik tikus-tikus yang berkeliaran disawah langsung mati apabila tikus siperusak hama padi menyentuh kawat listrik yang bertegangan tinggi, namun perlu dingat cara ini sangat berbahaya bila tidak ada regulasi terkait, pasalnya akhir-akhir ini banyak orang yang kesetrum listrik dan meninggal ditempat. 

5. Memasang seng atau plastik dipinggiran sawah 

Cara ini cukup efektif untuk mengusir dan mencegah dari tikus yang dapat merusak padi, dikarenakan tikus tidak bisa masuk kedalam lahan padi dikarenakan sudah terdampingi pagar yang terbuat dari seng maupun plastik yang mengelilingi lahan sawah. 

6. Kandang burung hantu 

Burung hantu dirasa dapat menjadi pengendali tikus di sawah, karena dengan burung hantu sihama tikus bisa dikendalinkan dengan cara dimangsa oleh burung hantu sendiri, mangkanya banyak sangkar burung hantu ditengah-tengah sawah tandanya ada burung hantu yang menjaga dari serangan tikus agar tetap bisa dikendalikan.

7. Memberikan bunyi-bunyian ditengah sawah 

Cara ini lumayan cukup efektif dikarenakan bunyi yang dikeluarkan bisa menganggu dari tikus dan dapat mengusir tikus yang merusak tanaman padi, bunyi itu dapat dikeluarkan dari baling-baling, maupun benda-benda yang lain agar bisa menghasilkan suara. 

8. Mengkudu, wangi-wangian, dan kapur barus 

Beberapa petani dapat memberikan mengkudu,wangi-wangian dan kapur barus untuk mengusir tikus dikarenakan dengan aroma yang menyengat tikus akan takut mendekat yang dapat merusak tanaman padi. 

Itulah beberapa cara untuk mengusir membasmi tikus yang dapat merusak tanaman padi. Cara diatas sesuai pengalaman pribadi yang sedikit dapat mengusir dan membasmi tikus sebagai perusak tanaman padi yang bisa mengakibatkan ruginya sipetani sendiri, namun perlu diingat cara-cara diatas tidak bisa diaplikasikan disemua kondisi sawah lihat dan amati dulu seberapa jauh tikus dan seberapa banyak tikus merusak tanaman padi. Semoga cara-cara diatas dapat membantu petani di Indonesia sehingga petani dapat panen dan dapat hidup sejahtera layaknya dengan tujuan negera kesatuan republik Indonesia dengan negara yang berjulukan negara maritim dan agraris. 




LihatTutupKomentar